Pomade yang Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumah

posted in: Uncategorized | 0

Pomade yang Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumah – Salah satu produk yang masih digemari hingga sekarang adalah pomade. Meski gaunanya sudah tidak seramai dulu, namun pomade rupaya masih punya tempat sendiri di hati para pria. Pomade dipakai untuk membentuk rambut agar lebih rapi dan mudah ditata dalam waktu lama. Terbuat dari dua jenis, yaitu yang berbahan dasar minyak, dan satu lagi yang berbahan dasar air. Sebagai pembeli, tentunya kamu bisa menentukan sendiri mana yang lebih cocok untuk diaplikasikan ke rambutmu.

Tidak banyak yang tahu, bahwa pomade ternyata bisa dibuat di rumah. Keunggulannya adalah kamu bisa memastikan semua bahan yang dipakai untuk pembuatan pomade ini adalah bahan yang berkualitas bagus. Kebersihan dari pomade yang kamu buat sendiri juga terjamin. Bukankah lebih tenang, dengan memastikan sendiri kualitas dan juga kebersihan pembuatan pomade yang akan kamu pakai?

Cara pembuatan pomade di rumah cukup sederhana. Bahan-bahan yang digunakan pun bisa kamu dapatkan dengan mudah. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat pomade di rumah? Here we go!

1. Minyak kelapa. Jenis minyak alami yang satu ini memang sudah tidak perlu diragukan sih manfaatnya. Nggak heran, jika minyak kelapa menjadi salah satu bahan utama pembuatan pomade. Nah, minyak kelapa ini nantinya akan memberikan fungsi melembabkan dan membantu mengatasi rambut rusak dan juga menghilangkan ketombe. Teksturnya yang tidak begitu oily juga akan membuat rambut terlihat lembut, dan tanpa kilau yang berlebih.

2. Beeswax (lilin madu). Tidak banyak yang tahu, bahwa beeswax juga banyak digunakan untuk bahan campuran kosmetik. Bahan satu ini juga memiliki efek yang sama seperti minyak kelapa, yaitu memberikan efek lembab dan juga berkilau pada rambut. Lilin alami ini diproduksi oleh lebah madu. Proses produksinya sendiri berlangsung di dalam sarang. Kesulitan mendapatkan lilin madu? Kamu bisa mencarinya secara online, atau juga mendatangi toko kosmetik.

3. Minyak esensial. Di sini, minyak esensial bertugas memberikan wewangian yang alami dan tidak menyengat. Jika kamu sering mencium bau yang wangi dan harum dari pomade, wanginya berasal dari kayu cendana. Tapi jika kamu penyuga wewangian yang lebih segar dibanding wewangian yang manis, kamu bisa memilih aroma vanilla atau buah-buahan. Pemilihan minyak esensial ini sesuai selera, jadi kamu tidak perlu terpacu dengan satu jenis minyak.

4. Lempung bentonit (bentonit clay). Mendengar kata clay, pikiran pasti langsung tertuju pada tanah liat. Yap, clay yang digunakan di sini adalah tanah liat yang terbentuk dari hasil pelapukan abu vulkanik. Kandungan yang ada di dalamnya terdiri dari kalsium dan natrium. Lalu, apa manfaat bentonit clay pada pomade? Bahan satu ini akan menangkal radikal bebas yang membawa dampak buruk bagi rambut. Jadi, pastikan bahan satu ini ada dalam pomade yang kamu buat sendiri di rumah ya!

Setelah semua bahan terkumpul, kamu bisa segera melangkah ke cara pembuatan. Dimulai dari:

1. Lelehkan lilin madu. Agar mudah, kamu bisa menggunakan teknik double boiler. Teknik ini akan melelehkan lilin madu di dalam panci kecil yang diletakkan di dalam panci yang lebih besar ukurannya. Panci yang lebih besar berisi air mendidih yang sudah dimasak sebelumnya di dalam kompor.

2. Saat beeswax atau lilin madu sudah mulai leleh, masukkan minyak kelapa dan aduk terus hingga campuran kedua bahan ini mengental.

3. Setelah itu, matikan kompor dan masukkan bentonit clay yang sudah dilarutkan dengan air.

4. Terakhir, masukkan minyak esensial yang sudah dipilih sesuai selera. Wewangian ini juga bisa jadi ciri khas dari pomade yang kamu gunakan.

5. Setelah semua bahan larut, masukkan ke dalam wadah dan biarkan hingga dingin.

6. Letakkan pomade di wadah penyimpanan, dan pomade siap dipakai.

Jika proses pembuatan pomade berhasil, kamu bisa menjualnya dan menjadikan DIY pomade sebagai bahan pemasukkanmu. Agar rambut senantiasa sehat dan rapi, kamu bisa menambahkan pemakaian Gentle Fever secara rutin untuk perawatan. Produk satu ini juga terbuat dari bahan alami kok, jadi kamu nggak perlu takut ada resiko yang mengganggu saat pemakaiannya.

Kunjungi website resmi Gentle fever di gentlefeverjakarta.com untuk mengetahui bagaiman review dari para customer, dan perubahan yang mereka rasakan setelah menggunakan Gentle Fever. Gaya boleh, tapi tetap ingat perawatan rambut agar rambut senantiasa bagus dan terhindar dari kerusakan ya!


Leave a Reply